Pemkab Bengkulu Perbaiki Jalur Evakusi Tsunami


(Sumber : berita on line (http://www.antaranews.com/berita/1293249071/pemkab-bengkulu-perbaiki-jalur-evakusi-tsunami) Sabtu, 25 Desember 2010 10:51 WIB)

Mukomuko, Bengkulu (ANTARA News) – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memperbaiki lima titik jalan evakuasi yang bisa dilewati oleh masyarakat di daerah itu ketika terjadi gempa bumi disusul dengan tsunami.

Bupati Kabupaten Mukomuko, Ichwan Yunus, Sabtu, mengatakan bahwa akan memperbaiki kerusakan beberapa ruas jalan evakuasi bencana, agar mudah dilewati masyarakat saat terjadi bencana tsunami di daerah itu.
Menurut dia, ruas jalan evakuasi yang sudah diperbaiki seperti penghubung Kecamatan Kota Mukomuko menuju SP 6 Desa Kota Praja dari berlumpur menjasi hotmix.”Beberapa ruas jalan lainnya akan kita upayakan untuk diperbaiki supaya masyarakat bisa terbantu,” katanya.

Ia mengatakan bahwa daerah yang paling sulit ketika terjadi bencana adalah pusat ibukota Kabupaten Mukomuko karena berada dekat dengan pantai.”Seperti Kecamatan Ipuh kita tidak perlu khawatir lagi karena daerahnya sangat tinggi, sedangkan kecamatan kota mukomuko ini wilayahnya sangat rendah sehingga perlu dipikirkan bagaimana mengatasi bila terjadi bencana,” urainya.

Sementara itu beberapa titik jalan evakuasi kondisinya sudah mulai banyak yang rusak seperti di Desa Pondok Batu sehingga butuh pembangunan.”Pada 2011 pemerintah akan memperjuangkan anggaran untuk memperbaiki kerusakan ruas jalan itu, sehingga mudah dilalui oleh masyarakat,” ujarnya.

Implikasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Pertanian
Kebijakan pemerintah kabupaten Bengkulu dalam memperbaiki jalur evakuasi tsunami dan gempa bumi sangat baik dan sangat berguna bagi kehidupan masyarakat setempat.Jalan yang diperbaiki ini mempunyai multi fungsi selain untuk memudahkan pengevakuasian korban gempa bumi dan tsunami.

Jalan yang akan diperbaiki ini juga berguna untuk jalan umum,untuk memudahkan masyarakat menempuh suatu tempat dengan berkendaraan motor atau mobil atau juga untuk memperlancar transportasi darat agar mudah dilalui oleh masyarakat setempat.

Disamping untuk memudahkan masyarakat umum dalam bertransportasi darat, Kebijakan pemerintah kabupaten Bengkulu ini juga sangat membantu para petani dalam kehidupannya.

Para petani akan lebih mudah dalam memasarkan atau menjual hasil pertaniannya ke kota.Selain itu para petani juga akan lebih mudah membawa hasil pertaniannya ke luar daerah yang dia inginkan.

Dengan semakin mudahnya para petani dalam membawa hasil pertaniannya ke luar daerah,maka para petani akan lebih mudah juga mengetahui harga suatu produksi pertanian sehingga mereka akan memiliki untung yang lebih banyak daripada menjual langsung hasil pertaniannya dengan distributor.

Selain itu,para petani yang membawa hasil pertanian keluar daerah mereka juga bisa melihat langsung pertanian di daerah tersebut dan membandingkannya dengan pertanian di daerahnya.Dengan seperti itu pengetahuan petani akan bertambah mengenai pertanian.

Para petani juga bisa sekaligus jalan-jalan ke daerah lain atau mengenali daerah lain sambil menjual hasil pertniannya.Dengan ini para petani akan semangat meningkatkan hasil pertaniannya,supaya di lain waktu dia dapat menjual hasil panennya ke daerah lain yang mendapatkan keuntungan yang lebih.Petani juga akan berupaya lebih giat untuk memperbaiki hasil pertaniannya supaya semua hasil pertaniannya laku terjual.

Kritik dan Pembahasan
Kebijakan pemerintah kabupaten Bengkulu ini sangat membantu para petani sekitar.Petani akan lebih mudah membawa hasil pertaniannya ke daerah lain dan para pemborong akan lebih mudah menjangkau daerah ini,sehingga para petani akan lebih mudah membandingkan harga suatu produk pertanian.

Kebijakan pemerintah ini memang belum sempurna,jalan yang diperbaiki untuk evakuasi gempa bumi dan tsunami memang cukup baik.Tapi,alangkah baiknya apabila pemerintah menyiapkan atau menyediakan suatu transportasi darat untuk mendukung kebijakan pemerintah ini.

Apabila pemerintah menyiapkan atau menyediakan suatu transportasi darat,kegiatan masyarakat setempat akan semakin berjalan dengan baik.Jika dihubungkan dengan pertanian,para petani akan lebih cepat dan lebih baik dalam membawa hasil pertaniannya ke daerah lain dengan adanya transportasi yang disediakan pemerintah ini.

Masyarakat setempat juga akan lebih mudah menuju suatu daerah lain dengan jalan yang bagus dan sarana transportasi.Hal yang sama juga akan memudahkan masyarakat luar yang datang ke daerah ini.

Pemerintah daerah juga akan lebih mudah datang ke daerah ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang suatu hal yang berhubungan dengan masyarakat sekitar.

Kesimpulan
Dari pernyataan yang telah saya sebutkan diatas,saya dapat menyimpulkan bahwa Kebijakan pemerintah kabupaten Bengkulu dalam memperbaiki jalur evakuasi tsunami dan gempa bumi sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar.

Dengan adanya kebijakan ini,para petani akan semakin mudah membawa dan menjual hasil produksi pertaniannya ke daerah lain.Selain itu para pemborong akan lebih mudah datang ketempat ini untuk membeli dan memborong hasil pertanian di daerah ini.Dengan seperti itu,keuntungan para petani atau pendapatan petani akan semakin meningkat.

Kebijakan pemerintah ini apabila disertai dengan penyediaan transportasi darat akan lebih baik dan menguntungkan bagi masyarakat sekitar.Masyarakat akan lebih mudah menempuh suatu daerah yang jauh dari daerahnya sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s