SUMPAH PEMUDA 84 TAHUN


Momen SUMPAH PEMUDA setiap tahun kita peringati di negara ini. Setiap peringatan itu, pemuda – pemudi Indonesia tidak lupa mengikrarkan isi dari Sumpah Pemuda yang berbunyi :

Pertama :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Sangat mengagumkan memang setiap peringatan ini, muda- mudi selalu bersemangat dalam mengikrarkan dan menghayati cikal bakal Sumpah Pemuda. Dilihat secara keseluruhan dalam peringatan ini, jasa para pendahulu yang telah berjuang merumuskan alat pemersatu pemuda Indonesia begitu dihargai. Banyak yang merasa terpukul dan menangis mengingat sejarah Sumpah Pemuda.

Peringatan ini sering dilakukan dengan berbagai macam kegiatan yang dapat memberi peluang bagi pemuda Indonesia untuk saling mengenal dan bersatu antara yang satu dengan yang lainnya. Mereka begitu semangat dan bergairahnya dalam kesempatan yang bersejarah ini.

Tapi dibalik itu semua, sangat disayangkan jika kita melihat secara keseluruhan bagaimana tanggapan para pemuda – pemudi Indonesia dalam memperingati hari yang bersejarah ini. Ternyata tidak semua pemuda indonesia yang ambil bagian dalam peringatan ini. Banyak diantara pemuda yang tidak mau tahu dan tidak peduli, mereka lebih mementingkan kesenangan mereka sendiri.

Jangankan menghargai hari bersejarah ini, kemungkinan juga mereka tidak tahu isi dari Sumpah Pemuda yang dulunya begitu penuh perjuangan dalam memersatukan pemuda Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Mereka tidak sadar bahwa apa yang mereka nikmati sekarang ini adalah buah dari Sumpah Pemuda yang mereka tinggalkan. Umumnya diantara mereka tidak menghargai hari bersejarah ini karena kurang kesadaran atas sejarah bangsanya sendiri.

Kita tidak boleh melupakan sejarah bangsa ini. Jasmerah Bung Kamo pernah mengatakan “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah” bahwa orang yang melupakan sejarah akan menjadi bayi seumur hidup. Oleh karena itu nilai – nilai sejarah dan semangat persatuan dan kesatuan sebagaimana yang terkandung dalam Sumpah Pemuda kiranya dapat didengungkan dan diresapi.

Sejarah memang sangat penting dan merupakan suatu patokan bagi suat bangsa untuk mengembangkan negaranya. Sejarah akan menjadi inspirasi bagi setiap orang yang mengerti dan mnghayati perjalanan sejarah bangsanya, dan dari sini lah muncul suatu keinginan untuk bergerak dan maju dalam pengabdian kepada bangsa dan negaranya.

Buat rekan – rekan pemuda – pemudi Indonesia yang mempunyai kesadaran dalam peringatan momen yang bersejarah ini, mari teruskan perjuangan para pendahulu kita. Jangan biarkan penjajahan terulang kembali dinegeri kita yang tercinta ini apapun jenis penjajahannya. Negara kita mari kita pimin sendiri dengan kekuatan kesatuan kita dan mari lawan penjajahan yang ada sekarang.

Tinggikan rasa nasionalisme dan berantas semua tindakan – tindakan yang dapat merugikan bangsa dan negara. Mari kita bersama – sama dengan penuh perjuangan mencapai cita – cita bangsa serta mengembangkan watak nasionalis – religious, menjaga eksistensi NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UDD 1945 yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Masa depan Indonesia adalah di tangan kita, sekarang saatnya bagi pemuda Indonesia untuk memilih mau dibawa kemana Negara kita ini nantinya. Uluran tangan dan semangat pemuda adalah hal yang diharapkan beserta prtisipasi dan kesadarannya. Junjung tinggi persatuan dan kesatuan dan laksanakan Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan. 

Pengikraran Sumpah Pemuda bukan suatu sumpah belaka, dengan mengikrarkan Sumpah Pemuda berarti pemuda sudah siap bersatu untuk membebaskan bangsa dari belenggu penjajahan masa kini.

jangan biarkan momen bersejarah ini hanya berjalan begitu saja tanpa ada hikmah yang kita dapatkan. perlu penghayatan dan perenungan terhadap sejarah dan isinya supaya peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun, tetap memiliki relevansi historis dari waktu ke waktu.

Sumpah Pemuda yang sudah berusia 84 tahun sekarang harus lebih matang dalam pergerakannya. Maju terus muda – mudi Indonesia, keluarkan bangsamu dari pikulan beban yang berat serta raih cita – cita bangsa. Saatnya untuk memaksimalkan perjuangan dan satukan frame diseluruh penjuru negeri kita ini.

SELAMAT ULANG TAHUN SUMPAH PEMUDA YANG KE – 84, TERUS BERJAYA DAN JANGAN PERNAH MERASA PUTUS ASA. LANJUTKAN PERJUANGAN DAN TINGKATKAN PERSATUAN DAN KESATUAN.

HIDUP PEMUDA INDONESIA…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s