Tanah Andisols


Tanah ini disebut juga tubuh tanah pegunungan tinggi, atau tropical brown forest, yang mempunyai ketebalan solum tanah yang agak tebal, yaitu 100-225 cm. Berwarna hitam, kelabu sampai coklat tua, dengan horizon A-nya jelas nampak dari warna ini. Teksturnya adalah debu, lempung berdebu sampai lempung, sedangkan strukturnya adalah remah, sedangkan ke lapisan bawah agak gumpal, dan konsistentinya gembur.

Bahan induknya abu atau tuf vulkan. Oleh sebab itu kandungan unsur hara tanamannya adalah sedang sampai tinggi dengan kandungan nitrogen khususnya biasanya tinggi. Kandungan bahan organiknya umumnya tinggi sekali, yaitu antara 11-20 persen. Reaksi tanahnya juga cukup baik, yaitu asam sampai netral (pH 5,0-7,0). Daya menahan airnya baik, tetapi permeabilitas tanah adalah cepat. Meski demikian tanah ini sangat peka terhadap erosi.

Secara garis besarnya tanah ini mempunyai sifat-sifat fisik dan kimia cukup baik, sehingga dengan demikian produktivitas tanahnya adalah sedang sampai tinggi.

Menurut sistem Koppen, tanah ini berkembang di tipe iklim Afa, Cfa dan Cw, dengan tipe hujan A, B dan C (Schmidt & Ferguson) dan curah hujannya tinggi sekali, yaitu antara 2500-6500 mm per tahun, dengan paling lama dua bulan kering, tapi kadang-kadang tanpa bulan kering. Ketinggian wilayah sangat bervariasi, yaitu dari 15-2000 meter di atas permukaan laut. Begitu pula bentuk wilayah dari datar, bergelombang, berbukit sampai bergunung.

Di seluruh Indonesia luasnya kira-kira ada 5 juta ha yang tersebar di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Timur, Pulau Jawa, Kalimantan (tidak begitu luas), Bali, Lombok, Halmahera, dan Minahasa. Tanah ini banyak ditemukan di pegunungan, yaitu di daerah gunung api (vulkan). Salah satu diantaranya adalah gunung api Tangkuban Parahu dan gunung Merapi.

Proses pembentukan tanah adalah alterasi, liksiviasi atau laterisasi lemah, sedangkan vegetasinya adalah hutan tropis. Tanah ini banyak digunakan untuk tanaman hortikultura, atau sayur-sayuran, bunga-bungaan, perkebunan kina, teh, kopi, untuk kehutanan (pinus) dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s